Hubungi : 082393334154 / Fax : 082393334154 alifyamentari@gmail.com Jam Kerja : SEN 08.00-21.00 WIB :
Lebih Ringan, Lincah, dan Fun to Drive, Toyota GR Supra Transmisi Manual Siap Meluncur di Jepang dan Eropa

Lebih Ringan, Lincah, dan Fun to Drive, Toyota GR Supra Transmisi Manual Siap Meluncur di Jepang dan Eropa

Uncategorized admin alifya 0

GR Supra adalah model global pertama GAZOO Racing (GR) yang sejak diluncurkan perdana pada tahun 2019 menjadi perwujudan sempurna dari semangat GR dan impian Presiden Toyota Akio Toyoda untuk menghadirkan mobil yang menghibur pemiliknya.

Selanjutnya, hadirnya GR Yaris dan coupe GR86 telah memperkuat kualitas khusus yang mendefinisikan merek GR – mobil yang lahir dari hasrat untuk otomotif serta memanfaatkan keahlian dan pengalaman juara dunia TOYOTA GAZOO Racing.

Sejak diluncurkan, GR Supra ditawarkan dengan mesin 3.000 cc 6-silinder 340 dk dipadukan dengan transmisi otomatis 8-speed.

Setahun kemudian, mesin 2.000 cc 258 dk baru ditambahkan ke jajaran, sekali lagi dengan transmisi otomatis sebagai standar.

Performa sports car ini telah menerima pujian tinggi dari media dan penggemar di seluruh dunia, sehingga timbul pertanyaan apakah girboks manual akan tersedia.

GR Supra Memakai Transmisi Manual                   

Toyota telah mendengarkan keinginan penggemar GR Supra dan memastikan bahwa GR Supra baru dengan transmisi manual cerdas 6-speed (iMT) akan segera diperkenalkan di Eropa.

Model ini dirancang untuk menyenangkan pengemudi yang menyukai kendali dan kenikmatan berkendara yang ditawarkan oleh model manual.

Toyota akan menawarkan ketiga model GR yang tersedia di Eropa dengan transmisi manual sebagai standar pada GR Yaris serta sebagai opsi pada GR Supra dan GR86.

Sesuai dengan kualitas rekayasa murni GR Supra, pengembangan ini bukan hanya penambahan model baru.

Transmisi baru, bersama dengan kopling baru telah direkayasa secara khusus agar sesuai dengan karakteristik tenaga dan torsi mesin GR Supra 3.000 cc.

Pada saat yang sama, sistem kontrol pengereman dan suspensi GR Supra telah disetel ulang untuk kinerja yang lebih baik sebagai pengembangan pada seluruh model sports car ini.

Mesin Baru yang Lebih Ringan

Model baru ini juga dilengkapi dengan mesin baru yang spesial.

Selain bobot yang lebih ringan dari transmisi manual, ia diuntungkan oleh perubahan dengan memangkas bobot mobil hingga hampir 40 kg guna menambah kelincahan handling.

Tim engineering mampu memodifikasi rumah transmisi, driveshaft, dan gear set, termasuk menghilangkan elemen yang tidak diperlukan seperti paket akustik yang selanjutnya mengurangi bobot keseluruhan.

Kopling Baru yang Cerdas dan Akurat

Di jantung transmisi terdapat kopling baru dengan diameter lebih besar dan pegas diafragma yang diperkuat.

Dengan area gesekan yang lebih besar dan pegas yang lebih kuat, komponen baru ini memiliki kemampuan kinerja tinggi yang sesuai untuk digunakan oleh mesin torsi tinggi GR Supra.

Transmisi iMT menggunakan sistem kontrol cerdas yang diprogram dengan perangkat lunak baru yang mengutamakan performa balap.

Saat melakukan upshifting, parameter disetel untuk mengoptimalkan torsi mesin pada saat pelepasan kopling. Pada downshifts, perangkat lunak telah disesuaikan untuk kinerja yang konsisten.

iMT diatur sebagai default, tetapi dapat dimatikan dalam mode Sport jika diinginkan oleh pengemudi.

Final Gear Lebih Besar

Untuk menghindari start yang lambat, rasio final gear telah diubah dari 3,15 (GR Supra otomatis) menjadi 3,46. Hasilnya adalah respons cepat dan perpindahan gigi yang sesuai untuk mengail performa khas mobil sport.

Traksi dan pengereman GR Supra juga telah dioptimalkan untuk pengoperasian transmisi manual yang lincah dan cekatan.

Dimungkinkan untuk start dari gigi dua, termasuk saat menanjak dan saat roda yang berlawanan berada di permukaan dengan tingkat cengkeraman yang berbeda – seperti ketika mobil diparkir di tepi jalan yang sebagian tertutup es.

Pengembangan pada Kontrol Traksi

Pada transmisi manual, gigi pertama harus digunakan dan melepaskan kopling yang mengakibatkan putaran roda yang lebih besar dan berisiko tergelincir.

Untuk mengatasi masalah ini, para insinyur Toyota telah menyetel kontrol traksi mobil untuk mencapai pengoperasian yang mulus seperti halnya transmisi otomatis.

Sistem ini juga dioptimalkan untuk torsi mesin tinggi khas GR Supra, ban lebar, dan penggerak roda belakang yang andal.

Perilaku mobil saat berakselerasi keluar dari tikungan merupakan elemen kunci dalam kualitas fun to drive yang dikembangkan Toyota untuk GR Supra.

Untuk versi manual baru, kontrol traksi kembali menjadi fokus pengembangan untuk memastikan keseimbangan yang ideal antara kelincahan dan stabilitas saat keluar dari tikungan.

Intervensi TRC telah dikalibrasi untuk menjaga stabilitas – mobil tetap setia pada racing line – sambil memberikan tenaga yang tepat dan menghibur.

Aplikasi Fitur Hairpin+

Ambisi untuk membuat GR Supra menyenangkan untuk dikendarai dalam skenario yang paling menuntut telah membantu menginspirasi pengenalan fitur Hairpin+ baru.

Fitur ini dirancang untuk memberikan lebih banyak kebebasan, khususnya saat mengambil tikungan yang sempit dan menanjak lebih dari 5% dengan permukaan jalan kasar, seperti yang ditemukan di rute pegunungan Eropa.

Putaran roda yang lebih bebas dapat membuat rute tersebut lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Alhasil Toyota telah mengoptimalkan kontrol torsi mesin untuk memungkinkan perbedaan putaran roda yang lebih besar pada ban sisi kiri dan kanan.

Fitur Untuk Mencegah Oversteer Tiba-tiba

Kendaraan yang sangat gesit dengan ban berlimpah grip mungkin sensitif terhadap oversteer yang tiba-tiba – sesuatu yang sulit dikendalikan dengan kontrol stabilitas kendaraan (VSC) saja.

Untuk mengatasi perilaku ini, program anti-roll (ARP) telah diadopsi untuk GR Supra manual dan otomatis.

Sistemnya mengintervensi pada titik sebelum VSC beroperasi untuk menutupi kehilangan cengkeraman yang tiba-tiba ketika pengaturan respons suspensi berada di posisi paling tinggi.

Selain itu, mode Track telah disetel untuk memudahkan drifting dengan kebebasan kontrol pedal gas. GR Supra tetap gesit, tetapi risiko spin lebih kecil berkat kontrol engine dan torsi diperkuat.

GR Supra Lightweight

Toyota telah mengambil kesempatan penghematan berat yang dicapai dengan transmisi manual baru untuk menambahkan model ringan ke jajaran GR Supra.

GR Supra Lightweight mendapatkan manfaat dari penghematan berat untuk mencapai pengurangan total 38,3 kg, dibandingkan dengan bobot model saat ini.

Pemasangan girboks manual dan velg 19 inci baru berhasil menghemat bobot 21,8 kg.

Model ringan memangkas bobot 16,5 kg lebih lanjut dengan mengganti sistem audio, dan mengatur ulang desain jok mobil. Pengurangan ini meningkatkan kelincahan handling mobil.

Penambahan Opsi Warna Bodi Baru

GR Supra baru mendapat benefit dari opsi cat baru dengan penambahan warna Moareki Grey dan Dawn Blue. Kelir Moonstone White Matte juga telah diperkenalkan secara eksklusif untuk model Premium 3.0 M/T.

Di dalam kabin, jok kulit warna merah telah diganti dengan opsi jok baru berwarna cokelat.

Pelanggan dapat menambah karakter sporti mobil bertransmisi manual mereka dengan Alcantara Pack baru yang menggunakan material kokoh untuk gear knob dan konsol tengah.

img
img
img
img

Sumber : https://www.toyota.astra.co.id/

info promo toyota : https://promotoyotamakassar.com/

hubungi no telp  :  082393334154

Stay Connected

Customer Toyota Makassar

Visitor

015867
Users Today : 12
Users Yesterday : 7
This Month : 22
This Year : 4396
Total Users : 15867
Views Today : 34
Total views : 33783
Who's Online : 1
Your IP Address : 18.208.187.128
Server Time : 2022-10-03

Daftar Model

New Sienta
Limited 3 Type
Harga Mulai :
276.750.000
All New Vellfire
1 Type
Harga Mulai :
1.264.200.000
Calya
7 Type
Harga Mulai :
156.000.000
LIHAT SEMUA